Bio-Plastic Degradable, Plastik Ramah Lingkungan

Bionic bio-plastic

Umumnya Bioplastik memiliki daya tahan lebih rapuh dan kurang tahan panas, serta sukar dibentuk, dibanding dengan bahan sejenis yang berbahan dasar daripada minyak bumi, sehingga masih kurang banyak digunakan dalam industri khususnya komponen plastik saat ini.

Fuji Xerox, bekerjasama dalam riset dan teknologi dengan Fuji Photo Film Co, dimana Xerox yang berbasis di Jepang, bekerjasama untuk mengubah itu. Bahan Bioplastics yang ada saat ini " sangat miskin kandungan - daya tahan panas dan kekuatan mekanik yang rendah," kata Kenji Yao, salah satu ilmuwan peneliti di Fuji Xerox's Desain untuk Kelompok Lingkungan di Kanagawa, Jepang. “Memerlukan perubahan komposisi dan kandungan di dalamnya."

Untuk meningkatkan daya resistansi dari plastik, daya tahan panas dan tahan api, Fuji Xerox bekerjasama dengan produsen bahan Unitika untuk mengembangkan polymer alloy teknologi yang memungkinkan terjadinya pencampuran jagung berasal polylactic-asam (corn-derived polylactic acid) dengan minyak berbasis plastik.

Kelompok tersebut mengembangkan dua bahan aditif, sebagaimana yang dikembangkan kedalam teknologi adonan dan cetakan, merata pada dua bahan campuran tersebut yang memberikan daya kekuatan dan lebih tahan panas. Plastik baru ini, yang sekuat seperti acrylonitrile-butadiene-styrene (ABS) yang digunakan dalam industri pipa, golf dan Lego bata, memiliki biomassa isi sekitar 30 persen, dibandingkan dengan 10 sampai 20 persen dibandingkan dengan bioplastics, Kata Yao. Plastik buatan Fuji Xerox juga mengurangi emisi karbon dioksida yang timbul sebesar 16 persen dibandingkan dengan plastik berbahan dasar biomassa lainnya, katanya.

Pada bulan November, Fuji Xerox memulai untuk mengintegrasikan plastik ke dalam beberapa produk-produknya di Jepang, produk ini memenangkan sejumlah penghargaan eco award, dan menjadi yang pertama dalam program penggunaan bioplastic untuk komponen-komponen bergerak mekanis, katanya.

Kelompok ini kini bekerja untuk mengurangi emisi karbon-dioksida, meningkatkan kandungan biomassa dan mengembangkan kekuatan dari bioplastic, katanya. Namun, produk ini menghadapi beberapa tantangan. Terutamanya adalah, bioplastic masih tiga kali lebih mahal ketimbang ABS, walaupun Yao berharap akan menjadi lebih murah dalam waktu dua tahun.

Ken Ito, Ketua dan CEO dari Laboratorium Fuji-Xerox Palo Alto, mengatakan proyek ini bertujuan untuk membawa produk bioplastic ke Amerika Serikat tahun ini atau tahun depan. Tujuannya adalah untuk mengurangi emisi karbon dan mengurangi bahan-bahan yang terbuat dari minyak, kata Michiaki Yasumo, manajer Design untuk Kelompok Lingkungan.

"Kami percaya produk ini [berbasis bio] akan menjadi bahan utama di masa mendatang," katanya, dan selanjutnya menambahkan bahwa kelompok ini juga menyelidiki kemungkinan pembuatan bioplastic dari biomassa cellulosic, seperti switchgrass, diluar dari yang sedang digunakan yaitu biomassa zat tepung, seperti pati jagung atau tebu.
Oleh: Jennifer Kho

Karakteristik utama dari bio-plastic

Perkembangan kedepan diharapkan memberikan penyadaran bahwa penggunaan bio-plastik dalam produk elektronik akan memberikan kontribusi ramah lingkungan dengan karakteristik utama dari bio-plastik adalah sebagai berikut:

(1) Top-Level daya tahan api (UL94 5V dan UL94 V-0 / 1.6mm uji lembar ketebalan) telah dicapai dengan menggunakan bahan anorganik yang aman yang menyerap panas selama pembakaran.

(2) Hal penting lainnya seperti tahan panas, moldability (mudah-bentuk), dan kekuatan telah disempurnakan dengan tambahan bahan tambahan khusus yang meningkatkan produk ini.

Bio-plastic

Plastik yang terbuat dari sumber biomassa yang dapat membantu proses pengurangan permasalahan lingkungan saat ini seperti kenaikan gas CO2 yang menyebabkan pemanasan global dan terkurasnya sumber daya minyak bumi.

Polylactic acid
Type bio-plastik yang terbuat dari jagung, dan lain-lain ini adalah merupakan bio-plastik yang pertama yang akan diproduksi secara massal. Namun, bahan ini tidak cukup tahan api dan tidaklah cukup bila digunakan dalam produk elektronik.

Flame resistance
Plastik yang digunakan dalam produk elektronik memerlukan daya tahan api yang tinggi untuk mencegah kebakaran. Standar untuk daya tahan api (flame resistance) yang diatur oleh Under Writer Laboratories (UL) di Amerika Serikat yang diadopsi secara luas. Susunan dari high flame resistance adalah 5V, V-0, V-1, V-2, NOT V-2 (UL94 session). Kebanyakan produk elektronik seperti komputer dan TV memerlukan standar lebih tinggi dari V-1. Khusus produk yang menghasilkan panas dengan suhu tinggi, seperti proyektor memerlukan 5V.

Flame-retarding additives
Additives yang menghambat pembakaran setelah penyalaan. Compound Halogen seperti organic bromine compounds dan phosphorus compounds seperti red phosphorus dan phosphorus ester yang banyak digunakan, tetapi seperti kebanyakan halogen compounds menghasilkan gas beracun saat dibakar. Red phosphorus juga dapat menghasilkan zat beracun saat dibakar, dan phosporus esters itu sendiri beracun dan dapat menyebabkan kerusakan biologis setelah dibuang. Jadi dalam hal ini keselamatan compounds yang dikurangi.
Sumber: NEC

Plastic Bags, The Environment And Alternatives Plastic Bags
Oleh Michael Bloch

Kantong Plastik Biodegradable

Kantong plastik sangat populer dikalangan konsumen dan pengecer karena sangat fungsional, ringan, kuat, murah, dan merupakan wadah yang higienis untuk sarana transportasi makanan dan produk lainnya.

Ketika orangtua saya telah tumbuh dewasa, kantong plastik masih merupakan barang yang mewah. Kini kantong plastik menjadi lebih murah, dan baik. namun kami tidak berfikir seperti itu lagi. Ribuan kantong plastik yang dibuang tidak akan terurai di lingkungan selama ratusan tahun. Kebanyakan Kantong plastik terbuat dari Polyethylene, yang merupakan oleh-produk dari industri minyak bumi.
Tidak hanya ada masalah dengan daya urai kantong ini, tetapi juga masalah bahan kimia yang dilepaskan sebagai bagian dari proses pembusukan; Organo-chlorine (sangat beracun), methane (gas rumah kaca yang memberikan kontribusi untuk pemanasan global) dan nitrous oxide. Ada alternatif lain, tetapi bahkan beberapa pilihan yang dipuji-puji sebagai earth-friendly diisukan memliki dampak yang negatif terhadap lingkungan, walaupun tidak ke sudut polyethylene bags.

Oxo-biodegradable plastic: Oxo-biodegradable plastic masih dibuat dari hasil sampingan minyak bumi, tapi tidak dapat menghilangkan seluruh racun. Bakteri pengurai plastik menjadi CO2, air, dan humus.

Hydro-biodegradable bags: Kantong Hydro-biodegradable dibuat dari pati berbasis plastik; yakni tanaman. Tetapi sesungguhnya produk ini tetap tidak ramah-lingkungan seperti yang disebutkan. Selain masalah biaya dan daya tahan, untuk menguraikan bahan ini ke dalam lingkungan alam membutuhkan lingkungan yang memiliki banyak bakteri dan selama proses pembusukan mengeluarkan banyak methane dan karbon dioksida.

Multi-use bags: Tentu saja, yang terbaik adalah kantong yang terbuat dari bahan-bahan organik yang dapat di daur ulang. Beberapa industri yang pedulin telah memulai memproduksi reusable bag, tapi sayangnya, banyak dari produk tersebut hanya baik dalam penggunaan begitu banyak keperluan dan setelahnya dibuang begitu saja. Masalahnya adalah bahwa dalam beberapa kasus, kantong-kantong itu justru berisi banyak bahan kimia berbahaya yang jumlahnya melebihi dari jumlah kantong itu sendiri yang bisa di daur ulang !
Sedapat mungkin, belilah kantong yang ramah-lingkungan yang terbuat dari bahan-bahan yang dapat diperbaharui atau lainnya yang tidak merusak di dalam lingkungan maupun didalam produksinya.

Michael Bloch adalah penulis dan pemilik Green Living Tips.com, secara online didukung oleh sumber daya energi yang menawarkan berbagai tips ramah-lingkungan, panduan hijau, saran dan berita lingkungan terkait untuk membantu konsumen dan bisnis dalam mengurangi biaya, konsumsi dan dampak lingkungan pada planet ini.

http://www.greenlivingtips.com
http://www.bioplastic-product.com







SocialTwist Tell-a-Friend

5 Comments:

redlady said...

makasih infonya mas..

Anonymous said...

dimana dapat beli plastik tersebut...

masdoeki , rz said...

dengan adanya em pengurai yang ramah lingkungan , apakah praktisnya kalau ada em yang mengurai plastik.

Anonymous said...

plastik tsb belinya dimana y?trus harganya kira2 brp?

Sulystriarto said...

Untuk produk lain ada ga mas ?
Saat ini saya ada produk dari ecopure, sudah mendapat sertifikasi dari ASTM/ISO/FDA/EPA.

Kalo standarisasi produk di Amerika memang paling ketat dibanding negara kita. Saya sendiri ga tau dimana ada uji biodegradasi untuk produk di Indonesia.

Salam
www.kitari.co.id