Avatar : Kearifan Alam, Jin, dan Canggihnya Teknologi Animasi

Minggu ini saya coba luangkan waktu dengan keluarga. Menikmati tontonan Film Avatar di Bioskop 21 Pasar Baru Square Balikpapan.



Yang luar biasa dari film ini adalah skrip yang sangat membumi. Mengangkat tema yang dekat dengan pelestarian hutan. Seperti yang dikisahkan dalam film ini, Avatar digambarkan sebagai kelompok makhluk yang menghuni sebuah pohon raksasa di dalam hutan yang disebutnya sebagai rumah pohon. Sampai kemudian sebuah kepentingan bisnis melihat bahwa di bawah pohon besar itu ada bahan tambang yang sangat bernilai dan perlu di eksplorasi.
Kemudian dengan berdasarkan pada data ilmuwan, diketahui pula bahwa kekayaan alam dan habitat di seputar pohon raksasa itu harus diperhatikan dan perlu untuk dipindahkan. Untuk itu perlu disusupkan mata-mata ke dalam kelompok Avatar supaya diperoleh cara untuk mengusir mereka dari pohon raksasa tersebut.
Mirip-mirip dengan kisah Suku Pribumi di pedalaman yang menempatkan jenis-jenis pohon tertentu sebagai sebuah sumber dan jaringan kehidupan, mereka menjaganya sebagai Dewa kehidupan.
Mirip-mirip pula dengan kebiasaan di Kampung, bila menebang pohon besar harus didahului dengan ritual "memindahkan sekelompok makhluk Jin yang dipercaya menghuni pohon besar itu". Bila itu tidak dilakukan maka malapetaka lah bagi si penebang pohon karena balas dendam dari penghuni pohon yang terusir dari rumahnya.
Kisah Avatar ini nampaknya terinspirasi setidaknya dari realita yang ada di kehidupan kita sehari-hari.

Ramuan teknologi animasi yang sangat canggih, membuat gambar-gambar yang tampil menjadi begitu indah dan alur cerita yang menyentuh. Luar biasa. Avatar lebih bagus ketimbang 2012.

Akhir kisah yang sama tragisnya dengan kisah penebang pohon yang "kesambet" penghuni pohon adalah ending yang mirip dengan kisah-kisah yang beredar umum di masyarakat kita.
Kemarahan Avatar terhadap keserakahan manusia yang mengeksplorasi hutan tanpa belas kasihan adalah fakta di kelestarian alam dan budaya pribumi kita, Khususnya di Pedalaman Kalimantan.

Two Thumbs Up deh buat Avatar.







SocialTwist Tell-a-Friend

6 Comments:

si Rusa Bawean said...

film ini emang kerennnnn banget
:)

日月神教-任我行 said...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,性感影片,正妹,聊天室,
情色論壇

wholesale lingerie said...

Avatar was the best movie, I saw this movie 3 times and like this.

wholesale wedding dresses said...

Ramuan teknologi animasi yang sangat canggih, membuat gambar-gambar yang tampil menjadi begitu indah dan alur cerita yang menyentuh. Luar biasa. Avatar lebih bagus ketimbang 2012.

Olga said...

thanks for the information much appreciated yoga retreats

Vimax Original Pembesar Mr.P Herbal said...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com