Tidak Bisa Comment di Postingan Blogger

Sudah seminggu ini saya jadi keringatan ngoprek blog. Gara - gara visitor yang bertanya kenapa tidak bisa meninggalkan komentar di postingan blog saya ini.
Akhirnya, setelah browse ketemu juga akar masalahnya.
Nah, 10 langkah yang saya kerjakan untuk mengatasi masalah tidak bisa meninggalkan komentar di postingan adalah sebagai berikut :
1. Login ke blog Anda melalui http://draft.blogger.com
2. Masuk ke halaman Layout > Edit HTML
3. Klik kotak Expand Template Widget
4. Cari tulisan seperti ini : <p class='comment-footer'> (supaya mudah untuk menemukan tulisan ini, gunakan Ctrl+F lalu isikan tulisan yang dicari di dalam kotak dan klik next)

5. Cari batas akhir script bagian ini yang bertuliskan : </p>
6. Ganti seluruh bagian itu dengan script berikut :
<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl'
expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</b:if>
</b:if>
</p>
7.  Simpan
8.  Pindah ke halaman Settings > Comment
9.  Cari Comment Form Replacement, lalu pilih salah satu (saya pilih embedded below post)
10. Simpan
Jangan lupa bilang terima kasih pada saya.
Bilang terima kasih pada Fitriansyah
Bilang terima kasih pada Agus Ramadhani
Semoga bermanfaat

46 Comments:

Anonymous said...

Alhamdulillah, makasih mas, tadinya blogku g bisa dkasih comment, tapi sekarang dah bisa
Thx berat...

alphawave said...

nice info boss.. salah satu blog saya yang ada di blogger gak bisa di komen.. now it's work after reading your article :) thanks again boss :)

SaungAki said...

Terimakasih infonya, akhirnya bisa lagi komentar muncul setelah sebelumnya error terus walaupun ada error ikutan lainnya tapi Alhamdulillah sekarang semua sudah teratasi ! Salam ......

Melody Violine said...
This comment has been removed by the author.
Melody Violine said...

gagal mas... gmana ya?

belly said...

Terima kasih..! setelah saya membaca artikel ini blog saya sekarang sudah bisa di komentari..!
Setelah tahap 1 di kerjakan.sekarang langkah selanjutnya Pada halaman settingan comment tetapi tidak bisa memilih disematkan dibawah entry atau embedded below post. Harus memilih jendela munculan! mungkin dari tipe template nya yang berbeda-beda! benar gak om? Informasinya sangat-sangat membantu dan bermanfaat!

primaprum said...

thank you banyak....

makasih..akhirnya blog saya bisa di comment..!

melly said...

wah di coba ahhhh.... maksih yah atas tipsnya!

valerie said...

Masih nggak bisa niiih...
Waktu saya masukin code, ada tulisan :

Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
Pesan error XML: Element type "a" must be followed by either attribute specifications, ">" or "/>".

ada bantuaan ??? Tolong sayaa !!
Thanks

Gombong Online said...

wah makasih pak, salah satu blog saya skrg ada yg blm bisa di comment

etam grecek said...

thanx infox bos..

belajar visual basic said...

thank.

Meta said...

terimakasih banyak!!
saya sudah 3 bulan punya blog tapi ga bisa dikomentarin. kirain karena masalah theme blog yg saya dapatkan dengan gratis. haha.

김한나 ♥ said...
This comment has been removed by the author.
김한나 ♥ said...

udah bisa nih!
Makasih banyak yaa! XD

Masih Belajar said...

terima kasih kk

Selang Seling said...

ini dia yg saya cari, kebetulan blog saya juga dak bs dicomment. mungkin cara ini bisa jadi solusi nya. makasih bang infonya...

foodie-blogger said...

kok ga bisa ya? katanya:

your template could not be parsed as it is not well-formed. Please make sure that all XML elements are closed properly.
XML error message: The element type "b:if" must be terminated by the matching end-tag "".

apa yg salah nih..T.T

Anonymous said...

terima kasih.. it's work

reza hafif said...

thx yag gan, yang ane dah bisa

pulsa elektrik murah said...

saya malah ga bisa ngasih komentar ke blog berplatform wordpress,ada yg bisa bantu ga?

rachmawaty said...

akhirnya dapet juga gan informasinya..... susah nyari2... makasih yahh

Mawaddah AR said...

makasih ya postingannya, akhirnya ketemu juga solusinya.

Arion Valentino said...

thanks yah infonya.. sangat membantu

id-blackroses said...

Mantabzzz......thanks infonya gan...sekarang postingan di blogku udh bza di komen....

Aryadevi said...

thanks..barusan sy coba...

salam kenal sobat ^_^

Nidya Ferry Wulandari said...

kalau tidak bisa comment di blog orang lain bagaimana?setiap mw klik post comment justru kembali ke kotak comment..mohon bantuannya.
thx

Unknown said...

terima kasihhhhhhhh om

Unknown said...

punya ku kok tetep gak bisa??? kenapa ya??

Unknown said...

coba tolong di cek bang kclessons-1.blogspot.com

mulya said...

om aqu mau tanya,klo mau comment d blog orang lain qo ada pilihan comment as google,AIM etc.
klo ada yg mau comment ga pnya ID gmail ga bisa comment dong??agar semua orang bisa comment gmn y?thnks

irgim said...

class='comment-footer'> punya ane kok tiga ya OM, trus yg di hapus n di ganti yang mana

Din Hikmah said...

keren om..bermanfaat..

mampir ke web ane ya..hehe..

http://www.dinhikmah.com/

Unknown said...

gimana kalau yang p class='comment-footer' ada dua?

Anonymous said...

????
msh ngak ngrti masssss
msalah blog ny agak susah dkit

ichal_bandot said...

nda bisa

ichal_bandot said...

thanks a lotttttttttt yahhh bang

herbal hematuria said...

makasih buat infonya

Anonymous said...

Hohoho thx buat infony gan XD

Anonymous said...

makasih gan infonya
Belajar SEO

Unknown said...

ko susah ya ga bisa bisa

Unknown said...

alhamdilillah udah bisa maksihhhhh berguna bagt

abi ukan said...

ga bisa juga kang, coba check ke http://tamaneja.blogspot.com

Unknown said...

kok tulisan comment-footernya gk ada ya om di blogku,tlg ya om biar bsa di comment.maklum pemula.tks

Unknown said...

omm kepigin tau cara nya copy template untuk blog spot bagaimana yah...

coba dilihat blog yang saya ciptain ini :

http://www.m8bola.com

s55bet009.blogspot.com

penile implant said...

That is great to hear, thank you for reading!