Lampu Indiglow Mobil Buatan Sendiri

Iseng-iseng ngisi libur nan panjang di ujung pergantian tahun 2008.

Bongkar tunggangan. Rubah tampilan lampu indikator speedometer/odometer di dashboard mobil Toyota Corolla GL AE80. Dari lampu biasa menjadi model indiglow.
Idenya dari Penghuni milis Indonesia Honda Tiger Community.

Modalnya :
  1. Dashboard yang mau dibongkar dan dioprek.
  2. Obeng kembang.
  3. Soldering Gun.
  4. Timah.
  5. Grease.
  6. AVO Meter.
  7. Hot Melt Glue Gun.
  8. Tang Potong.
  9. Tang Jepit Buaya.


Komponen yang diperlukan :
  1. LED (Light Emitting Diode) sebanyak yang diperlukan, warnanya sesuai selera.
  2. 1 buah IC AN7805
  3. 1 buah Resistor 39 Ohm atau 47 Ohm 1watt atau lebih
  4. 2 Diode 1watt (1N4002) atau diatasnya.


Komponen diatas adalah yang direkomendasikan Bro Wawan seorang anggota Komunitas Honda-Tiger Indonesia, dan juga termasuk tutorial detail susunan komponennya.
Langkah-langkah perakitan lampu indiglow murah meriah yang secara khusus untuk skema komponen, dengan menghargai karya Bro Wawan, berikut ini adalah gambar asli milik beliau yang diposting di milis :


Bagian yang paling peka dari rangkaian tersebut adalah Resistor 39Ohm 1watt yang mudah panas. Untuk keperluan display LED pada tampilan Odometer di dashboard mobil Corolla GL AE80 yang saya oprek, perlu lebih banyak LED. Sehingga saya putuskan menggunakan Resistor dengan watt yang lebih besar, 5watt. Resistor 47Ohm adalah Resistor yang paling mudah dicari dipasaran dan yang bisa saya gunakan.


Penataan LED adalah sebagaimana tampak pada gambar dibawah ini. Semakin banyak LED yang dipakai dan menggunakan variasi warna LED yang sesuai dengan selera adalah pilihan dari sebuah kreatifitas pribadi Anda.

Hasilnya seperti tampak pada gambar dibawah. Gambar yang dihasilkan dari tustel saku memang agak kurang focus. Namun sebagai sebuah hasil modifikasi, tentu saja sangat menarik.




14 Comments:

air intakes said...

I love those colors in your speedometer. I want to try that in my car

ivan said...

memang bagus ya...sip

Auto Parts said...

Great sharing brother

internet filter said...

Love cars with me

tommy said...

bagus neh patut di coba kalau saya dah punya mobil

Anonymous said...

mau tuh mbil sy digituin brp dwt..

oRiGiNaLsEnDy said...

apa resistor harus 47 ohm?? saya tes rakitan diatas untuk led merah harus pake 4 diode.. sangat makan tempat. klo resistor dganti yg lebih besar apa ada efek negatifnya??

sentot said...

Kelihatannya untuk penggunaan resistor bisa tidak seragam. tergantung jumlah LED yang dipakai. Pada kasus di kendaraan saya, resistor 47ohm 5watt adalah yang paling ideal dan tahan panas dan sudah saya uji coba pemakaian selama 3jam berturut-turut. Memang untuk odometer saya gunakan 1 rangkaian dan untuk takometer juga 1 rangkaian. Untuk penggantian resistor yang lebih besar mungkin akan membuat cahaya LED yang dihasilkan akan lebih redup

lingerie wholesale said...

I have discuss with my friend and have got good response thanks for this.

custom wedding dresses said...

Terima kasih atas artikel ini hebat! Saya selalu menganggap bahwa ia lahir di China - besar untuk mendengar tentang hidupnya. Ia benar-benar adalah seorang tokoh ikon untuk anak-anak banyak SLO. Aku agak takut padanya ketika aku masih sangat muda karena suaranya, tetapi saya menemukan dia menjadi sangat pasien dengan pelanggan kecil, yang membutuhkan waktu lama untuk membuat pilihan mereka. Ibuku adalah seorang biasa di sana, dan dia selalu membiarkan kita memilih beberapa favorit kami. Dia adalah seorang

office cleaning Schaumburg said...

White dash face during the day time and powered glow at night.

Anonymous said...

bisa kuat berapa tahun tuh? buka spedonya gimana?

Anonymous said...

gan, klo pengen pasang lampu LED yang dibawah dashboard, ngambil listriknya kemana yaa...

Unknown said...

Bisa pesan gak ? tq