Venue Untuk 11 Cabang Olahraga PON di Balikpapan

Click right at the picture to see enlarge

Berkat Pekan Olahraga Nasional ke 17 Tahun 2008 yang berlangsung di Kalimantan Timur, Kota Balikpapan "kecipratan" bangunan venue megah. Ada yang termegah se Asia Tenggara. Ada yang bangunannya setengah jadi. Ada juga yang terasa dipaksakan.

Venue Menembak : Lapangan Tembak Raider
Lokasi Jl.Mulawarman Kelurahan Manggar Balikpapan Timur.
Dibangun khusus sebagai sarana PON, gedung yang menelan dana Rp.55milyar ini disebut-sebut sebagai lapangan tembak termegah se Asia Tenggara.



Venue Karate dan Wushu : Balikpapan Sport and Convention Centre
Lokasi : Jl. Ruhui Rahayu, Sepinggan - Balikpapan
Gedung ini dibangun dengan dana Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan. Hingga sekarang masih mencari pihak swasta yang bersedia mengelola dan memasarkan penggunaan gedung ini.


Venue Tarung Derajat : Gelola Patra PERTAMINA
Jl.Jend.Sudirman, Prapatan - Balikpapan
Gedung tua ini sehari-hari digunakan sebagai lapangan bulu tangkis yang dikelola oleh PERTAMINA



Venue Angkat Besi : Gedung HEVINDO
Jl. MT.Haryono, Damai - Balikpapan
Gedung ini sehari-hari digunakan sebagai gedung bulu tangkis yang dikelola oleh sebuah perusahaan swasta di Balikpapan.



Venue Tennis : Stadion Tennis Suwarna
Jl. Syarifuddin Yoes, Gunung Bahagia - Balikpapan
Lapangan olah raga baru ini dibangun dalam dua tahap, Tahap pertama menelan biaya Rp.67milyar dan hingga H-10 masih terkendala pada pembangunan tahap kedua yang anggarannya disediakan sebesar Rp.55milyar. Seorang kawan di dunia maya mengusulkan supaya Balikpapan memanggil Sangkuriang saja, siapa tahu dengan tendangan legendanya sarana olah raga ini bisa selesai pembangunannya dalam 1 malam saja.


Venue Binaraga : Hotel Novotel
Jl. Garuda, Klandasan Ulu - Balikpapan
Sebelum dibangun lebih megah, dahulu bernama Hotel Balikpapan. Asset yang convention hall nya dijadikan arena binaraga ini adalah milik Pemerintah Kota Balikpapan yang selanjutnya berdasarkan kerjasama dengan pihak swasta kini beroperasi di bawah manajemen group perhotelan Perancis, Accor. dengan nama Hotel Novotel.



Venue Golf : Lapangan Golf Pertamina
Jl. Jend. Sudirman, Gn. Bahagia - Balikpapan
Lapangan Golf dengan 18 hole Milik Pertamina ini berada di tengah kota dan lokasinya berdekatan dengan Bandara Sepinggan Balikpapan.


Venue Dayung : Waduk Manggar
Jl.Soekarno-Hatta km.12, Karang Joang - Balikpapan
Venue ini dibangun dengan dana Rp.16milyar tahap I dan Rp.8milyar pada tahap II dengan menggunakan lokasi Waduk Manggar yang merupakan waduk tadah hujan dengan airnya yang berwarna agak keruh kekuning-kuningan ini menjadi pusat kegiatan olahraga dayung. Waduk ini merupakan sumber air yang sangat vital bagi masyarakat Balikpapan yang pernah merasakan kekeringan sepanjang tahun 1997 akibat kemarau yang berkepanjangan dan keringnya sumber air baku PDAM yang mengandalkan Waduk Manggar ini. Sejatinya waduk ini merupakan hulu Sungai Manggar yang muaranya berada di Timur Balikpapan dan pembangunan sarananya terasa sangat dipaksakan.



Venue Squash : Gedung Olah Raga Squash
Jl.Syarifuddin Yoes, Sepinggan - Balikpapan
Gedung baru ini sengaja dibangun menjelang PON dengan dana APBN senilai leboh dari Rp.20milyar. Dikebut pembangunannya dan rampung tepat pada saat akan digunakan. Letaknya berada bersebelahan dengan DOME/BSCC.


Venue Drumband : Lapangan Sepak Bola Sudirman
Jl. Tanjungpura, Prapatan - Balikpapan
Lapangan Sudirman merupakan asset Kodam VI Tanjungpura dan dijadikan tempat start selama pelaksanaan PON ke XVII bagi kejuaraan drumband.