Trans Jogja - New Public Transportation at Jogja

Ada yang baru di Jogja.

Public Transportation-nya sudah meniru seperti Busway di Jakarta. Namanya pun mirip : Trans Jogja. Bedanya adalah Trans Jogja tidak menggunakan jalur/route secara eksklusif seperti di Jakarta. Bus dengan cat berwarna hijau-kuning yang digunakan seukuran metromini dengan kapasitas penumpang duduk 20 orang berdiri 20 orang. Haltenya ikut-ikutan mini dan kebanyakan berdiri diatas trotoar.


Dengan ongkos Rp.3.000,- Route yang dilalui sebenarnya sangat memudahkan kita untuk mencapai obyek-obyek wisata yang ada di Jogja. Kita bisa transit di halte-haltenya mengikuti route yang tersedia. Sayangnya jarak antar bus masih 15 menit. Agak lumayan bengong nunggu di halte. Jumlah halte di beberapa titik juga masih ada yang dirasa jauh dari tujuan. Tetapi itu gak masalah. Toh, menurut saya semua titik di Jogja adalah obyek wisata itu sendiri.
Sungguh beruntung masyarakat Jogja yang punya pemerintah mau memikirkan public transportation seperti ini. Jogja yang begitu padat penduduknya, tak perlu disesaki dengan jumlah angkot yang terlalu banyak dengan jumlah penumpang yang terlalu sedikit, seperti di Balikpapan (mengeluh). Balikpapanku yang unik malah menyediakan angkot yang disebut Taxi oleh masyarakatnya dengan jumlah yang melimpah ruah. Sehingga jalan-jalan disesaki dengan angkot yang parkir semaunya, menggunakan jalan seenaknya dan dengan jumlah penumpang yang sangat sedikit.