Review Axioo Pico

Karena tertarik dengan bobotnya yang kurang lebih sekilo, dan kelihatannya praktis kalau harus dibawa-bawa, saya lalu memutuskan untuk membeli Axioo Pico. Namanya sebenarnya cukup keren. Dan itulah awal kekecewaan saya terhadap produk Axioo Pico yang spesifikasinya sangat mirip dengan MSI Wind U100 ini.

UMPC (Ultra Mobile PC) dengan spesifikasi OS menggunakan Windows XP Home ini memakai Prosesor Intel Atom N270 1,6GHz; RAM 1GB (max 2GB); HDD 160GB belum di split; Layar 10inch yang lumayan dengan resolusi 1024 x 600, Bobot 1,1 kg; Dimensi 260x180x31,5 mm; Baterai 3-sel=2jam; Kinerja MobileMark 2007 skor 72, 3DMark03 skor 606, booting 34 detik; Perlengkapan 802.11b/g wifi, ethernet, 3 USB 2.0, 4-in-1 card reader (SD, MMC, MS, MS Pro), kamera 1,3 megapixel dan saya tebus seharga Rp 5,2 juta. Sebenarnya memiliki performance yang rata-rata baik.
Sayangnya produk yang kuterima Card Readernya tidak berfungsi. Koneksi WiFinya pun tidak stabil, setelah pemakaian selama kurang lebih setengah jam, koneksi wirelessnya sebentar putus sebentar sambung, walaupun sebenarnya Pico ini punya perangkat WiFi yang kepekaannya cukup bagus, daya tangkap pancaran sinyal WiFi lebih bagus ketimbang Toshiba A105.
Setelah saya tukarkan ke toko tempat pembelian dengan produk sejenis, giliran battery chargernya yang tidak berfungsi. Kayaknya saya sudah patah semangat dengan Axioo Pico. Mungkin seharusnya memang sebaiknya menggunakan MSI Wind saja sesuai dengan pilihan awal saya.

UpDated
Hasil ujicoba yang saya lakukan dengan perangkat tambahan seperti penggunaan modem sierra wireless, tidak ada masalah, install dan koneksi lancar. Bahkan ketika dipakai untuk keperluan GPSnya pun OK.
Penggunaan fungsi ke external monitor seperti ke LCD Projector juga berjalan baik, hanya sayangnya setting resolusi screen harus dirubah ke 800 x 600 pixels supaya tampilan di LCD tidak "hancur". Konsekwensinya dengan settingan seperti ini malah membuat tampilan di layar Pico yang jadi "hancur".
Pico tidak menyediakan HotKey untuk perpindahan mode ke external monitor. Kita harus mengkonfigurasi secara manual.
UpDate software dan instalasi software tambahan termasuk mudah. Karena Pico yang saya beli sudah dijual bundel dengan software Windows original, jadi registrasi, update dan install secara online tidak masalah.
Saya juga install WinAmp dan coba kualitas sound, setting sound dengan software bawaan yaitu Realtek HD Audio Manager, suara yang muncul memang tidak senyaman seperti kita pakai Laptop pada umumnya. tapi lumayanlah buat dengerin musik sambil kerja.

Berikut platform lengkapnya.

PlatformUMPC
Processor TypeIntel Atom Processor
Processor OnboardIntel® Processor N270 (1.6 GHz, FSB 533, Cache 512KB)
ChipsetIntel 945GM
Standard Memory1 GB DDR2 SDRAM PC-5300
Max. Memory2 GB (2 DIMMs)
Video TypeIntel® Graphics Media Accelerator 950 DVMT 64 MB (shared)
Display Size10" WXGA TFT
Display Max. Resolution1024 x 600
Display TechnologyStandard TFT
Audio TypeIntegrated
Speakers TypeIntegrated
Floppy DriveOptional
Hard Drive Type160 GB Serial ATA 5400 RPM
Optical Drive TypeOptional
ModemOptional
NetworkingIntegrated
Network Speed10 / 100 Mbps
Wireless Network TypeIntel PRO/Wireless 2100BG
Wireless Network ProtocolIEEE 802.11b, IEEE 802.11g
Wireless BluetoothOptional
Keyboard TypeQWERTY 86 keys
Input Device TypeTouch Pad
Slot ProvidedOptional
Card Reader ProvidedSD, MMC, Memory Stick
Interface Provided2x USB 2.0, VGA, LAN, Audio
O/S ProvidedMicrosoft Windows XP Home
Battery Type Rechargeable Lithium-ion Battery
Power SupplyExternal AC Adapter
Weight1.1 kg
Standard Warranty1-year Limited Warranty by Authorized Distributor
Bundled PeripheralsCarrying Case



8 Comments:

Anonymous said...

ohh gue juga baru beli axioo pico, tapi gue masih gaptek pakenya,jadi belum banyak nyoba, gue cuman ada tambah aplikasi open office 3, gue rasa sih udah bagus, winamp gue isi juga jalannya bagus, card reader gue belum coba, wifi belum coba, ajarin dong pake wifinya?? bagus tambahin apa di laptopnya??aplikasi apa yang kayaknya "wajib" diisi?? antivirus yang ringan dan cocok di axioo pico?? gue cuma isi pcmav 1.9, ok sekian...

Sentot Prasasto said...

WinAmp emang gak masalah, hanya kualitas suara yg dihasilkan Pico kurang bagus, lihat review saya di pico dan gadget (http://prasasto.blogspot.com/2008/12/pico-dan-gadget.html)
Saya pakai Windows Defender campur Avast! dan SpyBoot SD Resident. Kombinasikan sesekali scan dengan Malwarebytes antimalware. Pengalaman saya, wifi agak gak tahan panas rupanya, jadi kalau harus open yang gede-gede cepet panas. solusi pakai mini fan dibawah UMPC

Anonymous said...

wifi-nya sudah diupdate? IMHO, produk MSI juga bermasalah jika tidak diupdate dan Pico ini kan sebenarnya daleman-nya MSI :)

Anonymous said...

berbagi pengalaman neeh saya baru beli neeh pico, dapet 4.250.000 yang seri djm harddisk 120 gb, sampe mlm ini dites lancar2 aja semua. untuk aktivasi saya koneksi internet via hp k750i pk pc suitnya mulus,untuk kerja saya pasang office 2007 jalan mulus nggak nda halangan. untuk iseng sy pasang corelx3 ya lancar juga terakhir iseng pasang google sketchup..eh bisa juga mulus plus rendernya meskipun agak lama tapi memuaskan... oia untuk av sy percayakan symantec. sampai detik ini semua berjalan lancar sy tidak menyangka ternyata tangguh juga si kecil ini

Estu The Enlightened said...

saya baru beli pico juga. ternyata battery cuma tahan 2 jam ya; selain agak cepat panas (belum coba wifinya; emang nggak bisa langsung dipake aja ya?)

ada nggak ya caranya kita beli battery aja tapi yang tahan lebih lama (mis.6 jam) buat ngganti battery yang ini.

thx.

Donnie said...

Apalagi kalau pakai Wifi, lebih panas lagi....

ARCS said...

laptopku yg hilang kaya itu,,, jd kangen :(

jalwapper said...

Mantap gan baca jugak ya # Artikel Paling Populer #
Kumpulan Tips Menarik dan Bermanfaat
Tutorial belajar ngeblog bagi pemula
tutorial seo untuk pemula
kumpulan informasi menarik terbaru
kumpulan kata kata mutiara terbaik
kumpulan tips seputar hubungan asmara dan cinta